Saturday, August 15, 2009

Booster Pemancar FM 100 Watt


Anda bisa menggunakan transistor 2SC2782 atau 2SC2694 . Dengan input 20W daya keluaran 60 - 120 watt. Power Supply 13,8V. Arus yang ditarik sekitar 12 amper.

Perlu ditambahkan kipas untuk pendingin. Yang perlu diperhatikan adalah: waktu men"tune" jangan lupa pasang dummy load (tentunya yang berdaya besar). Kalau kelupaan, bisa dijamin VC Trimmer bagian output yang ke ground, langsung short. Terus tahu sendiri akibatnya khan, Power supply langsung protect sebab memang short, lha kalau Power supply nggak dilengkapi protec bagaimana ....? langsung rusak dong Transistor Regulatornya.Kejadian ini sama dengan ketika antenna kita terlepas koneksinya, akibat korosi atau kerusakan mekanis.

Akibat Transistor Regulator yang rusak(short juga tentunya) akan berakibat lebih fatal, Tegangan dari dioda rectifier + ELCO yang tentunya "tanpa teregulasi" 30V misalnya, akan langsung mencatu ke Collector Transisfor Final Amplifier. habis dah transistornya.

Makanya kalau untuk pemancar/boster dengan daya besar perlu pakai Power supply dengan protector (over voltage/current) , oh ya perlu juga protector untuk SWR( Standing Wave Ratio ) yang tinggi.

No comments: